Selasa, 17 November 2015

tugas kelompok keunggulan kompotetif pada teknologi

KELOMPOK I
Nama              : 1. Mufarrohah                                45213670
                          2. Nanda Putri Purwantari            46213330
                          3. Rosdiana Norminawati Purba   48213092
                          4. Ruli Novitasari                            48213128
                          5. Yeni Sarah Hardiyanti               49213424
Kelas               : 3DA02
Matakuliah    : Sistem Informasi Manajemen
Deadline         : Kamis, 19 November 2015

KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA TEKNOLOGI INFORMASI
A.  Sumber Daya Lingkungan
Lingkungan adalah alasan utama keberadaan perusahaan. Elemen-elemen lingkungan adalah organisasi atau individu yang berada di luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada perusahaan. Berikut 8 jenis elemen utama yang ada dalam lingkungan perusahaan:
·         Pemasok
·         Pelanggan
·         Serikat buruh
·         Masyarakat keuangan
·         Pemegang saham
·         Pesaing
·         Pemerintah
·         Masyarakat global

B.  Keunggulan Kompetitif
Suatu perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif, melalui beberapa cara diantaranya:
Ø  Menyediakan barang dan jasa dengan harga murah
Ø  Menyediakan barang dan jasa lebih baik dari pesaing
Ø  Memenuhi kebutuhan khusus pada segmen tertentu
Pada bidang komputer, keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi. Jadi perusahaan tidak melulu mengandalkan sumber daya fisik, namun dapat juga mengandalkan sumber konseptual yaitu berupa data dan informasi. Penggunaan sumber daya fisik maupun konseptual, keduanya memiliki keuntungan yang sama.
C.  Rantai Nilai Porter
Professor Michael E. Porter merupakan orang yang paling sering diidentifikasikan dengan topik keunggulan kompetitif. Teori yang digunakan oleh Porter ini adalah marjin. Marjin adalah nilai produk dan jasa perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biaya-biayanya. Perusahaan menciptakan nilai dengan melaksanakan aktivitas yang disebut dengan aktivitas nilai. Aktivitas nilai terbagi atas 2 kategori yaitu aktivitas utama dan aktivitas pendukung. Aktivitas utama adalah aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar kepada pelanggan daripada yang dilakukan pesaing. Sedangkan aktivitas pendukung adalah aktivitas yang menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung.
Aktivitas nilai utama dan pendukung diintegrasikan oleh beberapa kaitan untuk membentuk Rantai Nilai. Manajemen menyadari keunggulan tambahan yang dapat dicapai selain mengaitkan dengan rantai nilai, perusahaan juga harus mengaitkan dengan rantai nilai organisasi-organisasi lain. Kaitan ini dinamakan dengan sistem antar organisasi atau sistem informasi antar organisasi.
Rantai nilai perusahaan-perusahaan dalam suatu industri dapat sangat mirip, tetapi kemungkinan besar rantai nilai tiap perusahaan bersifat unik. Karena tiap aktivitas nilai mencakup suatu komponen informasi, pengelolaan sumber daya informasi perusahaan merupakan kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif.
D.  Sumber Daya Informasi
Jenis-jenis sumber daya informasi terdiri dari:
·         Perangkat keras komputer
·         Perangkat lunak komputer
·         Spesialis komputer
·         Pemakai
·         Fasilitas
·         Basis data
·         Informasi
CEO (Chief Executive Officer) merupakan orang yang paling berpengaruh dalam kegiatan operasi perusahaan, dan pada umumnya memiliki jabatan direktur utama atau ketua dewan direksi. Dikenal pula istilah CFO (Chief Financial Officer) dan COO (Chief Operating Officer) yang memiliki pengertian ketua pada bidang masing-masing. Pada tahun 1980 diciptakan istilah CIO (Chief Information Officer) yaitu manager jasa informasi yang menyumbangkan keahlian managerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga berbagai area lain dari operasi perusahaan.
E.  Perancaan Strategis Sumber Daya Informasi
Perencanaan strategis merupakan perancaan jangka panjang yang mengidentifikasikan tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan posisi yang paling menguntungkan. Pada awalnya untuk menggambarkan perencanaan strategis jasa informasi yaitu transformasi kumpulan strategi. Seiring dengan berjalannya dikenal istilah yang lebih populer yaitu perencanaan strategis sumber daya informasi.
F.   End User Computing
Golongan kemampuan pemakai akhir, antaralain:
Ø  Pemakai akhir tingkat menu
Ø  Pemakai akhir tingkat perintah (command level)
Ø  Pemakai akhir tingkat perintah (programmers)
Ø  Personil pendukung fungsional
Manfaat kemampuan pemakai akhir, yaitu:
1.      Menyeimbangkan kemampuan dan tantangan
2.      Mengurangi kesenjangan komunikasi
Resiko kemampuan pemakai akhir, adalah:
·         Sistem yang buruk sasarannya
·         Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya
·         Pengguna sumber daya informasi yang tidak efisien
·         Hilangnya integritas data
·         Hilangnya keamanan
·         Hilangnya pengendalian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar