Pengertian e marketing
e marketting adalah proses pemasaran yang
menggunakan teknologi informasi elektronik khusunya adalah internet.
Pada E-marketing juga terdapat beberapa tahapan
dimana tahap-tahapan tersebut berpengaruh pada pembentukan
e-marketing,tahap-tahapan e-marketing yaitu :
a. Situation Analysis (Analisis Situasi).
. Menurut Rangkuti (2004), analisis SWOT adalah
indentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi
perusahaan. Analisis SWOT membandingkan antara faktor internal Kekuatan
(Strengths) dan Kelemahan (Weaknesses) dengan faktor eksternal Peluang
(Opportunities) dan Ancaman (Threats) yang dihadapi dunia bisnis.
b. E-marketing Strategic Planning (Strategi
Perencanaan E-marketing). Dalam tahap ini terdapat metodologi tujuh langkah
sederhana yang membantu dalam mengevaluasi dan menganalisis peluang pasar
c. Objectives (Tujuan)
Tujuan dalam e-marketing mencakup aspek tugas,
kuantitas, dan waktu.
Tugas (apa yang akan dicapai).
Kuantitas yang terukur (seberapa banyak).
Time frame (kapan).
d. E-marketing Strategy (Strategi E-marketing)
Strategi e-marketing mencakup strategi mengenai 4P
dan hubungan manajemen (relationship management) untuk mencapai tujuan rencana
mengenai Product (Produk), Price (Harga), Place (Saluran Distribusi), dan
Promotion (Promosi).
e. Implementation Plan (Rencana Pelaksanaan). Pada
tahap ini perusahaan memutuskan bagaimana untuk mencapai tujuan melalui
strategi yang efektif dan kreatif. Perusahaan juga memeriksa untuk memastikan
organisasi pemasaran yang tepat di tempat pelaksanaan (staf, struktur
departemen, penyedia layanan aplikasi, dan lain-lain di luar perusahaan.
f. Identification Plan(identifikasi).
Mengidentifikasi hasil yang diharapkan dari suatu investasi. Selama pelaksanaan
rencana, pemasar akan terus memantau pendapatan aktual dan biaya untuk melihat
hasil yang telah dicapai. Internet merupakan salah satu tools yang dapat
digunakan untuk memantau hasil karena catatan teknologi pengunjung setiap klik.
g. Evaluation Plan (Rencana Evaluasi). Perencanaan
e-marketing dilaksanakan, keberhasilannya tergantung pada evaluasi yang
terus-menerus. Untuk menentukan hasil pemasarannya, perusahaan
Manfaat
E-Marketing
Pemasaran secara online, merupakan suatu alat yang
bagus untuk membangun hubungan dengan konsumen. Perusahaan dapat berinterkasi
dengan konsumen untuk mempelajari tentang kebutuhan dan keinginan konsumen yang
lebih spesifik.
Pemasaran secara online juga dapat mengurangi
biaya-biaya yang dikeluarkan toko, seperti biaya dari penyewaan, asuransi, dan
peralatan lainnya.
Pemasaran online juga menawarkan fleksibilitas yang
besar yang memungkinkan seller untuk membuat penyesuaian terhadap penawaran dan
program-programnya.
Internet merupakan suatu medium global yang
memungkinkan pembeli untuk mengklik atau mencari informasi dari iklan yang
perusahaan pasang di website lain, hal ini dapat menguntungkan perusahaan dalam
mencari pelanggan.
Manfaat yang didapat dari penerapan
e-marketing bagi pelanggan yaitu:
Konsumen tidak harus terjebak kemacetan, menemukan
tempat parkir, dan berjalan melalui toko-toko yang tidak terhitung jumlahnya
untuk menemukan produk yang akan dibeli.
Konsumen dapat membandingkan merek, mengecek harga
dan memesan barang 24 jam sehari dari lokasi manapun.
Layanan secara online memberikan konsumen akses
terhadap perbandingan informasi yang berlimpah, informasi mengenai perusahaan
dan produk dari website lain.
Konsumen dapat berinteraksi dengan situs penjual
untuk menemukan informasi yang tepat mengenai produk atau layanan yang mereka
inginkan, lalu memesannya secara langsung
Keterbatasan
E-Marketing
Kesulitan yang dikarenakan koneksi jaringan yang
masih lambat.
Jika perusahaan membangun web pages yang berukuran
besar dan sulit untuk dipahami(rancangan layarnya), maka internet user menjadi
sulit untuk mendownload informasi.
Pembeli tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan,
atau mencoba secara langsung produk yang ditawarkan oleh perusahaan secara
online.
Keterbatasan pengembangan dan ancaman keamanan dari
metode pembayaran elektronik, seperti e-checks, credit cards, dan lain-lain
https://jokosupriyadi18.wordpress.com/2013/04/25/manfaat-dan-keterbatasan-internet-marketing-e-marketing/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar