Sabtu, 21 Maret 2015

e marketing

Pengertian e marketing
     Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Menurut American Marketing Associatio Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi

Manfaat E-Marketing
a.       Penerapan e-marketing memiliki berbagai macam manfaat terutama bagi perusahaan dan bagi para pelanggan yang menerapkan sistem e-marketingnya. Berikut adalah macam-macam manfaat dari e-marketing :
b.      E marketing untuk perusahaan Pemasaran secara online, merupakan suatu alat yang bagus untuk membangun hubungan dengan konsumen. Perusahaan dapat berinterkasi dengan konsumen untuk mempelajari tentang kebutuhan dan keinginan konsumen yang lebih spesifik.
c.       Pemasaran online juga menawarkan fleksibilitas yang besar yang memungkinkan seller untuk membuat penyesuaian terhadap penawaran dan program-programnya.
d.      Manfaat yang didapat dari penerapan e-marketing bagi pelanggan adalahKonsumen tidak harus terjebak kemacetan, menemukan tempat parkir, dan berjalan melalui toko-toko yang tidak terhitung jumlahnya untuk menemukan produk yang akan dibeli.
e.       Konsumen dapat berinteraksi dengan situs penjual untuk menemukan informasi yang tepat mengenai produk atau layanan yang mereka inginkan, lalu memesannya secara langsung
















Jenis – jenis  Email Marketing a
a.. Direct Email
Direct email adalah pesan yang Anda kirim ke list email pelanggan dimana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.digunakan untuk mengirim pesanan .
b.      . Retention Email
Retention email adalah email yang kita kirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis kita, ini sangat krusial bagi semua jenis bisnis. Isi pesan retention email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan mereka, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk kita ke pelanggan. Bagi para pengusaha yang memasarkan produk atau jasa mereka secara online dan ingin terus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan mereka, maka harus mengirimkan email secara teratur kepada para pelanggan dan subscriber.
c. Beriklan di Email Orang Lai
    Beriklan dengan email orang lain adalah salah satu bentuk marketing yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi kita yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, kita bisa memanfaatkan email list dari publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis kita










Manfaat e marketing bagi bisnis online
a.       Bersifat Pribadi
Email marketing yang bersifat pribadi/ personal biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para pelanggan atau calon pelanggan. Saat pelanggan/ calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari kita, maka akan jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui email yang kita kirimkan.i
b.      informasi Terkirim Lebih Cepat
 Dengan email marketing, kita bisa menjangkau para pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka sehingga hasilnya akan kita dapatkan lebih cepat.
c.       Biaya Jauh Lebih Murah
Memang kita membutuhkan layanan dari penyedia email responder, namun biaya ini akan jauh lebih murah dan efektif dibandingkan jika kita menggunakan surat fisik. Tingkat responsive direct mail biasanya lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa email marketing sangat menguntungkan.]
d.      Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kita bisa dengan mudah menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan melalui email marketing. Email yang kita kirimkan bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan lain-lain, dengan cara yang lebih mudah.






e.        Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)

Internet sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat di Indonesia, terutama bagi mereka yang memiliki gadget dengan teknologi terbaru seperti, smartphone, tablet, dan laptop.

Lingkungan pemasangan internert
 produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:a.
a.     Mesin pencari
b.       Surat elektronik
c.        Afiliasi
Kelebihan  e marketing
a.       Biaya promosi di internet lebih murah dibanding media lainnya.
b.       Bisnis internet marketing ini berjalan secara online. Jadi bisnis ini tidak mempunyai bentuk fisik yang bisa rusak. Kecuali jika ada bencana alam hebat yang memutuskan koneksi internet di seluruh dunia.
c.       Berjalan secara otomatis selam 24 jam per hari
d.      Menghemat Waktu
e.        Tempat kerja yang fleksibel.
f.       Penghasilan yang lebih besar.
g.      Ruang Lingkup yang lebih luas.
Namun dibalik kelebihannya,internet marketing juga memiliki kekurangan yang harus kita ketahui,agar menjadi bahan pertimbangan saat kita ingin berbisnis melalui internet marketing.
a.       Biaya awal pembuatan situs ,perangkat lunak,hardware dan biaya pemeliharaan cukup mahal.
b.      Membutuhkan waktu yang lama untuk sukses
c.       . Banyak terjadi penipuan
d.       Tidak adanya komunikasi langsung antara penjual dan pembeli sehingga menghambat prospek dalam membangun hubungan yang memainkan peranan penting dalam penjualan konstan dan publisitas mulut (word of mouth ).
Startegi e- marketing
Strategi yang digunakan oleh E-Marketing adalah 5s (sale, serve, speak, save dan sizzle) dan jumlah dari sumber daya yang tersedia. Dimana strategi tersebut dapat mengidentifikasi target market, positioning, nilai proposisi online, pilihan dari campuran digital media untuk menarik kostumer baru, serta strategi untuk mempertahankan kostumer yang sudah ada.
Dalam penelitian Nani Susanti (2009) yang berjudul “Analisis Implikasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Perilaku Pasca Pembelian Melalui Testimoni Dalam Situs Pemasaran Internet”  dapat di simpulkan bahwa: Online store sebagai salah satu bentuk Pemasaran internet, harus menempatkan support dan value sebagai prioritas bersaing dalam kualitas produk, selain itu kualitas layanan sangat ditentukan oleh reliabilty dan responsiveness; Dukungan Customer service pada proses pembelian dan efisiensi biaya penyerahan barang, serta kecepatan pemenuhan order dan tanggapan atas masalah yang dihadai pelanggan akan menumbuhkan loyalitas yang sangat tinggi; Pelanggan yang puas akan termotivasi untuk memberikan testimoni yang sangat berguna bagi keberlangsungan usaha; Testimoni adalah sarana komunikasi yang efektip dalam menghubungkan pelanggan dengan perusahaan, atau antara pelanggan dengan
4.        Kesimpulan
E-Marketing merupakan peluang yang  menjanjikan bagi produsen sangat di perlukan untuk memperluas usaha dan efisiensi biaya. Dari penelitian yang dilakukan Nani Susanti (2009) dan Taufan Sugiarto (2009) menghasilkan tanggapan yang positif terhadap E-Marketing baik dari sisi konsumen maupun produsen. Terutama perusahaan-perusahaan kecil yang ingin mengembakan usahanya




 v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar