Pengertian
ecommerce menurut para ahli
Laudon & Laudon (1998), E-Commerce
adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh
konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai prantara
bisnis . E-Commerce atau yang biasa
disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran
bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange
(EDI), email yang digunakan untuk traksaksi – traksaksi bisnis .
Onno. W.
Purbo E-Commerce adalah teknologi dan aplikasi digunakan
untuk menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui
transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang
dilakukan secara elektronik
Sebenarnya pasar di internet itu disebut
E-Commerce, berasal dari kata Elektronic commerce atau perdagangan yang
dilakukan secara elektronik, menurut Whinston, Choi dan stahl, 1997 E-commerce
itu berarti menggunakan elektronik dan teknolohi untuk melakukan
perdagangan(menjual, membeli, transer, atau bertukar produk, jasa dan atau
informasi Bisa dikatakan bahwa memang E-commerce itu adalah sebuah transaksi
perdagangan yang dilakukan dengan memanaatkan teknologi internet.
Definisi
dari E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat
ditinjau dalam 4 perspektif
a. Perspektif komunikasi E – comemerce
adalah pengiriman barang ,layanan atau
informasi atau pembayaran melalui antar
computer dan internet.
b. Perspertif bisnis ecommerce dapat digunakan untuk
pelayanan bisnis secara otomatatis melalui internet .
c. perpektif
layanan ecormmers dapat digunakan sebagai
suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan
manajemen untuk memangkas biaya layanan secara cepat
d. perpektif
online dapat digunakan suatu menjual dan
membeli barang dagangan secara online .
bisnis
ercommerce sudah ada sejak tahun 1998.
Dari bisnis to costumer ( B2C) sesuai perkembangan zaman maka muncul (B2B) busniess to business dan
costumer to costumer
pengertian
bisnis to costumer (B2B )adalah
transaksi secara elektronik atau obyek
bisnis satu dengan yang lain
kesimpulan
dari B2B atau bisnis to custumer
a. traksaksi
antar perusahan satu dengan perusahaan lain.
b. Traksaksi
menggunakan EDI dan email sebagai informasi antara perusahan untuk pembelian
dan penjualan barang
c.
Digunkan untuk pengiriman barang
EDI adalah Electronic
Data Interchange yang digunakan untuk
dokumen bisnis antara computer dengan perusahaan untuk melakukan sebuah
traksaksi. Contoh adalah global market . global market adalah sebuah perusahaan perdagangan internasional. Selain
itu global market juga mendirikan perusahaan GMC
(Global Produsen Sertifikat) Masyarakat, di mana manufaktur Cina yang
berkualitas didirikan dan dapat berdiri di antara sisanya untuk melakukan
marketing .
Pengertian B2C (Bussines to Consumer)
B2C
adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen
melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan
dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena sudah ada harga ditentukan.
Kesimpulan
dari B2C adalah sebagai berikut :
a.
B2C disebut dengan traksaksi pasar.
b.
konsumen mempelajari produk yang sudah
ditawarkan dari internet .
c.
Membeli dengan electronic
cash & sistem secure payment.
d.
Kosumen meminta barang cepat dikirim.
Bidang
usaha B2C misalnya semua bidang usaha yang melakukan pemasaran seperti bidang
usaha software dan computer.
Pengertian C2C ( Costumer to costumer )
C2C adalah
costumer to costumer antara costumer satu dengan lain untuk melakukan
traksaksi penjulan dan pembelian barang dagang secara online . contoh dari C2C
adalah misalnya toko online seperti toko
bagus olx dll
Tujuan
suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan
E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan
keuntungannya
Bentuk
e – cormmerce
a.
Perdagangan oline melalui web.
b.
Traksaksi penjualan dan pembelian secara
online antar perusahaan
c.
Internet banking.
d.
Wap
Manfaat dari penggunaan ecormmerce
- Melewati batas geografis bisa melayani online shop antar daerah satu degan lainya .
- Mendapat pelanggan baru melewat search enginei.
- Biaya ecormmerce lebih rendah karena digunakan untuk pemberian secara discon.
- Mencari produk dengan cepat karena para pelanggan membeli produk secara cepat menggunakan web .
- Memberikan perbandingan pembelajaan untuk pelanggan untuk menelusuru pelanggan ecormmerce.
- Memberikan banyak informasi barang apa saja yang akan diperjual belikan kepada pelanggan ataupun antara perusahan satu dengan lainya.
- Traksaksi dengan cara tawar menawar melalui media online
- Memudahkan komunikasi bisnis memberikan informasi yang diberikan kepada pelanggan.
- Buka sepanjang waktu yaitu buka setiap hari .
Lima binis e cormmerce
ada di Indonesia.
a.
Iklan baris yaitu yang
berkaitan dengan iklan . bisnis ini mempunyai ciri khas dimana penyedia jasa e-commerce
tidak terlibat secara langsung dalam proses jual beli. Biasanya iklan baris ini melakukan penjualan dan
pembelian barang secara online . contoh dari iklan baris misalnya oxl .toko
bagus dll
b.
Marketplace C2C selain menawarkan tempat sebagai media promosi
barang daganganya, ecommerce juga memberikan layanan metode pembayaran dari transaksi
online yang dilakukan oleh C2C. contohnya adalah tokopedia
c.
B2b adalah bisnis online
antar perusahan satu dengan lain bisnis
ini merupakan salah satu bentuk yang paling berkembang di Indonesia bisnis
ini tidak mudah. Selain diperlukan modal
yang sangat besar kurang ketersediaan barang serta sistem penjualan barang
dagang
d.
Shopping moll juga menggunakan ecormmerce
seperti marketplace Pihak yang bisa masuk menjadi penjual di e-commerce
tersebut hanyalah brand-brand besar yang telah mempunyai nama di pasar lokal
atau pun internasional.bentuk bisnis di
Indonesia bentuk bisnis ini baru diterapkan oleh satu e-commerce yaitu blibli
e.
Social media shop adalah belanja online melewati media internet
misalnya penjualan barang barang baju sepatu secar online.
Kelebihan ecormmerce
a. Menurukan
biaya pada penjualan
b. Penjualan
lebih cepat.
c. Meningkatka
costumer atau pembeli.
d. Meningkatkan
daya saing perusahaan
e. Meningkatkan
efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
f. Pertukaran
data atau informasi jadi lebih mudah
Kekurangan ecormmerce
a. Produknya
berbeda dari aslinya,
b. Kurang
aman traksakasi
c. Banyak
penipuan
d. Tidak
sesuai dengan jenis barang
e. Pengiriman
barang lama.
f. Indonesia
belum memiliki perangkat hokum tetang ecormerce
g. Pembajakan
kartu kredit.
Secara teknis, e-commerce hanya merupakan
bagian dari e-businesskarena, menurut definisi, ebusiness adalah semua
transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen
(e-commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra
bisnis
Perbedan e cormerce dan e
business
a. E-business
lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu
bagian dari e-business.
b. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis
seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
c. E-commerce
pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business,
transaksi uang tidak diperlukan.
d. .
E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen,
dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar