Jumat, 20 Maret 2015

e cormerce



Pengertian ecommerce  menurut para ahli
     Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai prantara bisnis . E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email yang digunakan untuk traksaksi – traksaksi bisnis .
   Onno. W. Purbo E-Commerce adalah teknologi dan aplikasi digunakan untuk menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik
    Sebenarnya pasar di internet itu disebut E-Commerce, berasal dari kata Elektronic commerce atau perdagangan yang dilakukan secara elektronik, menurut Whinston, Choi dan stahl, 1997 E-commerce itu berarti menggunakan elektronik dan teknolohi untuk melakukan perdagangan(menjual, membeli, transer, atau bertukar produk, jasa dan atau informasi Bisa dikatakan bahwa memang E-commerce itu adalah sebuah transaksi perdagangan yang dilakukan dengan memanaatkan teknologi internet.
Definisi dari E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam 4  perspektif
a.        Perspektif komunikasi E – comemerce adalah  pengiriman barang ,layanan atau informasi  atau pembayaran melalui antar computer dan internet.
b.      Perspertif  bisnis ecommerce dapat digunakan untuk pelayanan bisnis secara otomatatis melalui internet .
c.       perpektif layanan ecormmers dapat digunakan sebagai  suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan secara cepat
d.      perpektif online dapat digunakan suatu  menjual dan membeli barang dagangan secara online .
bisnis ercommerce sudah ada  sejak tahun 1998. Dari bisnis to costumer ( B2C) sesuai perkembangan zaman  maka muncul (B2B) busniess to business dan costumer to costumer
pengertian  bisnis to costumer (B2B )adalah transaksi secara elektronik  atau obyek bisnis satu dengan yang lain 
kesimpulan dari B2B  atau bisnis to custumer
a.       traksaksi antar perusahan satu dengan perusahaan lain.
b.      Traksaksi menggunakan EDI dan email sebagai informasi antara perusahan untuk pembelian dan penjualan barang
c.       Digunkan  untuk pengiriman barang

EDI adalah Electronic Data Interchange yang digunakan untuk  dokumen bisnis antara computer dengan perusahaan untuk melakukan sebuah traksaksi. Contoh adalah global market . global market adalah sebuah  perusahaan perdagangan internasional. Selain itu global market juga mendirikan perusahaan GMC (Global Produsen Sertifikat) Masyarakat, di mana manufaktur Cina yang berkualitas didirikan dan dapat berdiri di antara sisanya untuk melakukan marketing .
 Pengertian  B2C (Bussines to Consumer)
 B2C adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena sudah ada harga ditentukan.
Kesimpulan  dari B2C adalah sebagai berikut :
a.       B2C disebut dengan traksaksi pasar.
b.      konsumen mempelajari produk yang sudah ditawarkan dari internet .
c.       Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment.
d.      Kosumen meminta barang cepat dikirim.
Bidang usaha B2C misalnya semua bidang usaha yang melakukan pemasaran seperti bidang usaha software dan computer.
Pengertian C2C ( Costumer to costumer )
C2C  adalah  costumer to costumer antara costumer satu dengan lain untuk melakukan traksaksi penjulan dan pembelian barang dagang secara online . contoh dari C2C adalah  misalnya toko online seperti toko bagus olx dll
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya
Bentuk e – cormmerce
a.       Perdagangan oline melalui web.
b.      Traksaksi penjualan dan pembelian secara online antar perusahaan
c.       Internet banking.
d.      Wap
Manfaat  dari penggunaan ecormmerce
  1. Melewati batas geografis  bisa melayani online shop antar daerah satu degan lainya .
  2. Mendapat pelanggan baru melewat search enginei.
  3. Biaya ecormmerce lebih rendah karena digunakan untuk pemberian secara discon.
  4. Mencari produk dengan cepat karena para pelanggan membeli produk secara cepat menggunakan web .
  5. Memberikan perbandingan pembelajaan  untuk  pelanggan untuk menelusuru pelanggan  ecormmerce.
  6. Memberikan banyak informasi barang apa saja yang akan diperjual belikan kepada pelanggan ataupun antara perusahan satu dengan lainya.
  7. Traksaksi dengan cara tawar menawar melalui media online
  8. Memudahkan komunikasi bisnis  memberikan informasi yang diberikan kepada pelanggan.
  9. Buka sepanjang waktu yaitu buka setiap hari .








Lima binis e cormmerce ada di Indonesia.
a.         Iklan baris yaitu yang berkaitan dengan iklan . bisnis ini mempunyai ciri khas dimana penyedia jasa e-commerce tidak terlibat secara langsung dalam proses jual beli. Biasanya  iklan baris ini melakukan penjualan dan pembelian barang secara online . contoh dari iklan baris misalnya oxl .toko bagus dll
b.      Marketplace C2C selain menawarkan tempat sebagai media promosi barang daganganya, ecommerce juga memberikan layanan metode pembayaran dari transaksi online yang dilakukan oleh C2C. contohnya adalah tokopedia
c.        B2b adalah bisnis online antar perusahan satu dengan lain  bisnis ini merupakan salah satu bentuk yang paling berkembang di Indonesia bisnis ini  tidak mudah. Selain diperlukan modal yang sangat besar kurang ketersediaan barang serta sistem penjualan barang dagang
d.      Shopping moll juga menggunakan ecormmerce seperti marketplace Pihak yang bisa masuk menjadi penjual di e-commerce tersebut hanyalah brand-brand besar yang telah mempunyai nama di pasar lokal atau pun internasional.bentuk bisnis di  Indonesia bentuk bisnis ini baru diterapkan oleh satu e-commerce yaitu blibli
e.       Social media shop  adalah belanja online melewati media internet misalnya penjualan barang barang baju sepatu secar online.

Kelebihan ecormmerce
a.       Menurukan biaya pada penjualan
b.      Penjualan lebih cepat.
c.       Meningkatka costumer atau pembeli.
d.      Meningkatkan daya saing perusahaan
e.       Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pemasaran
f.       Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah



Kekurangan  ecormmerce
a.       Produknya berbeda  dari aslinya,
b.      Kurang aman traksakasi
c.       Banyak penipuan
d.      Tidak sesuai dengan jenis barang
e.       Pengiriman barang lama.
f.       Indonesia belum memiliki perangkat hokum tetang ecormerce
g.      Pembajakan kartu kredit.
      Secara teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-businesskarena, menurut definisi, ebusiness adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis
Perbedan e cormerce dan e business
a.       E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
b.       E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
c.       E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
d.      . E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar