tulisan sofkill 2
Pengertian sistem informasi manejement
Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan sebuah bidang
yang mulai berkembang sejak tahun 1960an. Walau tidak terdapat konsensus
tunggal, secara umum SIM didefinisikan sebagai sistem yang menyediakan
informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, serta pengambilan
keputusan sebuah organisasi.
SIM juga dikenal
dengan ungkapan lainnya seperti: “Sistem Informasi”, “Sistem Pemrosesan
Informasi”, “Sistem Informasi dan Pengambil Keputusan”. SIM menggambarkan suatu
unit atau badan yang khusus bertugas untuk mengumpulkan berita dan memprosesnya
menjadi informasi untuk keperluan manajerial organisasi dengan memakai prinsip
sistem
Sistem Aplikasi, seperti
Knowledge Management, Executive System, dan seterusnya.Sebagai dasar
pengetahuan, Informasi adalah kumpulan dari data-data yang diolah sehingga
menjadi sesuatu yang berarti dan bermanfaat
Data informasi penhetahuaan
Sistim Informasi Manajemen kini tidak lagi berkembang dalam bidang usaha
saja, tapi sudah digunakan dalam berbagai bidang, dari mulai pendidikan,
kedokteran, indistri, dan masih banyak lagi. Ini menandakan bahwa Informasi
yang akurat dan cepat dibutuhkan di berbagaibidang.Ada banyak teknologi yang
mendukung SIM baik secara online atau offline.
Instansi, manajemen selalu terlibat dalam serangkaian proses manajerial,
yang pada intinya berkisar pada penentuan
berdasarkan tujuan dan sasaran, perumusan strategi, perencanaan, penentuan program
kerja, pengorganisasian, penggerakan sumber daya manusia, pemantauan kegiatan
operasional, pengawasan, penilaian, serta penciptaan.
Penentu tujuan dan sasaran
suatu organisasi dibentuk dan dikelola untuk
mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam rangka penentuan
juga pencapaian tujuan tersebut maka dibutuhkan informasi-informasi yang dapat
memberikan gambaran kasar atau global tentang kecenderungan-kecenderungan yang
mungkin terjadi, baik secara internal organisasi itu sendiri maupun pada
lingkungan di mana organisasi bergerak.
Informasi-informasi yang dibutuhkan tersebut secara eksternal dapat
mencakup bidang politik, keamanan, ekonomi, sosial budaya, serta arah
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Perencanaan
Strategi yang telah dirumuskan dan ditetapkan memerlukan penjabaran melalui penelenggaraan fungsi perencanaan. Karena perencanaan merupakan salah satu hal yang penting dalam organisasi, perlu diketahui secepat mungkin berbagai resiko dan faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab kegagalan pelaksanaan tujuan dan strategi organisasi. Informasi-informasi yang dibutuhkan dalam proses perencanaan adalah 5 W 1 H
Strategi yang telah dirumuskan dan ditetapkan memerlukan penjabaran melalui penelenggaraan fungsi perencanaan. Karena perencanaan merupakan salah satu hal yang penting dalam organisasi, perlu diketahui secepat mungkin berbagai resiko dan faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab kegagalan pelaksanaan tujuan dan strategi organisasi. Informasi-informasi yang dibutuhkan dalam proses perencanaan adalah 5 W 1 H
a.
what(apa),
b.
when(kapan)
c.
where(di mana),
d.
who(siapa),
e.
why(mengapa),
f.
how(bagaimana).
Penyusuan progam
kerja
Penyusunan
program kerja merupakan rincian sistematis dari rencana kerja jangka waktu
menengah. Keenam pertanyaan di atas harus terjawab dalam penyusunan program
kerja dimana ia harus bersifat kuantitatif, menyatakan secara jelas dan konkrit hasil yang diharapkan, standar kinerja jelas,
mutu hasil pekerjaan ditetapkan secara pasti dalam programkerja
Pengorganisasian
Organisasi dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang terikat secara formal dan hierarkis serta bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya. Organisasi dapat menjadi wadah dimana sekelompok orang bergabung dan menempati wilayah-wilayah tertentu untuk melakukan berbagai kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya. Organisasi dapat pula menjadi tempat berinteraksi antar anggota organisasi tersebut maupun dengan anggota organisasi lainnya.
pengerakan sdm
Organisasi dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang terikat secara formal dan hierarkis serta bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya. Organisasi dapat menjadi wadah dimana sekelompok orang bergabung dan menempati wilayah-wilayah tertentu untuk melakukan berbagai kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya. Organisasi dapat pula menjadi tempat berinteraksi antar anggota organisasi tersebut maupun dengan anggota organisasi lainnya.
pengerakan sdm
Penggerakan
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan fungsi yang teramat penting dalam manajemen
sekaligus paling sulit.Penggerakan SDM yang tepat dan efektif memerlukan
informasi yang handal. Misalnya, informasi tentang klasifikasi jabatan,
informasi tentang uraian dan analisis pekerjaan,informasi tentang standar mutu
yang diterapkan dalam manajemen,
Kegiatan
operasional
kegiatan operasional merupakan bagian yang
sangat penting dari keseluruhan proses manajerial dan bahkan merupakan tes
apakah sebuah organisasi . Hal ini dikarenakan manajemen bersifat situasional
dimana penerapan prinsip-prinsip manajemen harus diterapkan secara universal
dengan memperhitungkan faktor situasi, kondisi, ruang dan waktu..
Pengawasan
Pengawasandiperlukan atas pertimbangan bahwa penyelenggaraan seluruh kegiatan operasional memungkinkan terjadi kesalahan yang berarti dapat berakibat pada tidak terwujudnya tingkat efisiensi, efektivitas dan produktivitas yang diharapkan..
Penilaian
Seperti halnya dalam pengawasan, informasi dalam proses penilaian juga sangat dibutuhkan. Informasi ini dapat diperoleh melalau berbagai wawancara, penyebaran kuesioner kepada pihak-pihak lain yang dianggap mengetahui pengetahuan .
Pengawasan
Pengawasandiperlukan atas pertimbangan bahwa penyelenggaraan seluruh kegiatan operasional memungkinkan terjadi kesalahan yang berarti dapat berakibat pada tidak terwujudnya tingkat efisiensi, efektivitas dan produktivitas yang diharapkan..
Penilaian
Seperti halnya dalam pengawasan, informasi dalam proses penilaian juga sangat dibutuhkan. Informasi ini dapat diperoleh melalau berbagai wawancara, penyebaran kuesioner kepada pihak-pihak lain yang dianggap mengetahui pengetahuan .
sistem umpan
balik
Semua informasi
yang diperolehterutama dari hasil penilaian umpanbalikkan
kepada berbagai pihak yang berkaitan dengan manajerial organisasi, termasuk
kepada para pemodal, pemilik saham, manajemen puncak, para pimpinan satuan
usaha, dan lainnya. Hal ini penting dilakukan supaya manajerial organisasi yang
bersangkutan tetap menghasilkan efektivitas, efisiensi serta produktivitas yang
tinggi sehingga tujuan awal pada perusahan
Sumber wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar